Headlines News :
Home » , , » 10 Manfaat Kemiri Yang Jarang Diketahui

10 Manfaat Kemiri Yang Jarang Diketahui

Written By Setya Ning on Kamis, 14 Agustus 2014 | 17.00

10 manfaat kemiri untuk kesehatan bagi tubuh - Kemiri memiliki nama latin Aleurites moluccana dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Tidak banyak orang tahu bahwa kemiri masih satu kerabat dengan singkong. Mungkin karena jarang orang yang pernah melihat pohon kemiri. Di Indonesia, buah kemiri diambil dan dijadikan sebagai bumbu masak untuk melezatkan masakan. Namun, nenek moyang kita juga menggunakan kemiri untuk keperluan lain, seperti membuat minyak kemiri yang berkhasiat menyuburkan rambut. Lebih lanjut mengenai manfaat kemiri akan kita bahas setelah ini. Sekarang, mari kita telusuri terlebih dahulu kandungan zat apa saja yang ada dalam buah ini sehingga bisa bermanfaat bagi manusia.

Kemiri mengandung saponin, falvonoida, dan polifenol, serta zat gizi mikro seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Kemiri juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Selain itu kandungan lain yang tidak kalah memberi manfaat adalah vitamin A, vitamin B1, folat, serta fitosterol yang bisa menghambat pembentukan kolesterol. Proteinnya berupa asam amino esensial maupun nonesensial berfungsi untuk pertumbuhan dan membentuk protein dan antibodi.

10 manfaat kemiri untuk kesehatan bagi tubuh
10 manfaat kemiri untuk kesehatan bagi tubuh
Nah, berikut adalah 10 manfaat kemiri untuk kesehatan bagi tubuh diantaranya;.

1. Mengobati Sariawan - Bukan cuma biji kemiri yang bermanfaat, namun bagian batang dan getahnya juga, salah satunya untuk mengatasi sariawan di mulut. Yang Anda perlukan adalah getah dari kulit batang pohon kemiri. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara merobek kulit pohon kemiri dengan pisau, kemudian tunggu hingga getahnya keluar. Ambil getah tersebut dengan kapas dan tambahkan sedikit santan kelapa jika ada. Oleskan pada bagian mulut yang luka (terserang sariawan).

2. Mengobati Sakit Gigi - Selain sariawan, sakit gigi juga bisa diobati dengan menggunakan getah pohon kemiri. Caranya juga hampir sama. Ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas. Tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit, kemudian buang dan ganti dengan yang baru.

3. Mengobati Diare - Untuk menyembuhkan diare, ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, bersihkan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi 300 cc, saring dan ambil airnya. Minum air hasil rebusan kulit batang pohon kemiri tersebut dua kali sehari, sekali minum sebanyak 150 cc.

4. Mengatasi Infeksi Jamur - Jamur dapat berkembang dimana saja, termasuk pada kulit tubuh anda. Infeksi jamur seperti panu memang tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan penderitanya tidak nyaman dan bahkan minder. Cara mengatasinya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

5. Mengatasi susah Tidur (Insomnia) - Minyak kemiri juga dapat membantu Anda melawan insomnia dan tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Tidur yang berkualitas bisa menjadi awal dari hidup sehat Anda.

6. Susah buang air besar (sembelit)  - Ambil 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 cc.

7. Digigit Serangga - Anda pernah digigit serangga yang menyebabkan rasa panas dan gatal? Sebenarnya itu bisa diatasi dengan menggunakan kemiri. Ambil 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Pangganglah bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan keseluruhan bagian tubuh yang gatal akibat tergigit serangga.

8. Mengatasi BAB Berdarah - Kulit batang pohon kemiri juga dapat mengobati BAB (Buang Air Besar) berdarah. Sediakan 20 gram kulit batang kemiri. Setelah dicuci bersih, rebus bahan dengan 400 cc air hingga bersisa 200 cc. Saring airnya, lalu minum selagi hangat.

9. Obat Gosok - Minyak kemiri, seperti juga minyak kayu putih bisa digunakan sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal dan juga masuk angin. Caranya ya seperti menggunakan minyak gosok biasa.

10. Obat Demam pada Anak - Rebus 15 gram akar pulutan dan tambahkan beberapa tetes minya kemiri. Saring airnya, kemudian diminum selagi hangat.

nah itu serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai 10 manfaat kemiri untuk kesehatan bagi tubuh semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cara Alternatif Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger